Jumat, Agustus 05, 2011

pancaro rayo, dan sedikit tentang tanah kelahiran-ku PULAU TENGAH

pancaro rayo adalah nama air terjun yang terdapat di kabupaten kerinci. air terjun ini sangat indah. dengan latar bukit dan bebatuan kokoh serta udara yang begitu adem membuat kita merasa sangat nyaman disana.

daya tariknya adalah hujan embun yang tercipta akibat ketinggiannya yang lebih kurang 150 m.

tempat ini sangat cocok bagi orang yang suka sekali berpetualang. itu karena tidak mudah untuk mencapai tempat ini, karena tempat ini tersembunyi di antara bukit-bukit yang ada di desa pulau tengah di kabupaten kerinci.
untuk mencapainya kita di haruskan untuk mendaki lebih kurang satu jam dan itu sangat melelahkan dengan jalan yang terbuat dari tanah kuning dan berliku-liku yang sangat sulit di
saat kami baru sampai disana


tempuh kalau baru saja ada hujan. tapi disitulah letak serunya untuk mencapai tempat ini.

setelah bermandikan keringat maka kita akan sampai di tempat tujuan. tidak mengherankan kalau semua rasa capek yang telah bersatu dengan kita akan sirna karena kita di sambut oleh pemandangan yang indah. jurang yang ditumbuhi rumput di sampingnya membuat kita lebih menikmatinya. ada bebatuan besar yang menambah indahnya tempat itu.

kita bisa mandi dan menikmati sejuknya air disana. bisa berphoto-photo dan kita juga bisa sholat disana. sholat di tengah-tengah hujan embun.

sangat keren. sayangnya waktu temen lagi sholat kami tidak memotretnya, padahal sangat keren.

nah, untuk pulangnya, kita tidak diharuskan melewati jalan yang sama. kita bisa melewati jalan lain, yaitu jalan yang terdapat jembatan yang dipenuhi air bersih nan segar. waw, unik kan? makanya coba aja datang kesini..

letak pencaro rayo adalah di desa pulau tengah kabupaten kerinci yang jaraknya lebih kurang 15 km dari kota sungai penuh.

oya, selain pancaro rayo, di pulau tengah juga ada tempat wisata lainnya, seperti air terjun pancuran gading yang berada sedikit di atas pancaro rayo, dan katanya kalau kita kesana tidak bisa balik lagi, iiih ngeri.

juga ada batu raja
Batu Raja
Batu Raja terletak di pinggir jalan raya Desa Baru Pulau Tengah Kecamatan Keliling Danau kira-kira 16 km dari Sungai Penuh. Batu Raja ini lebih menyerupai Dolmen, yang terdiri atas empat buah batu datar pipih dengan ukuran panjang 1,75 – 2,75 m dan lebar 1,75 – 2 m. Dolmen yang tidak mengalamai pengerjaan oleh tangan manusia ini dipercaya sebagai tempat duduk para raja pada jaman dahulu.
Mesjid Keramat
Mesjid Keramat terletak di Desa Koto Tuo Pulau Tengah Kecamatan Keliling Danau, sekitar 12 km dari Sungai Penuh. Mesjid ini dibangun pada tahun 1785 M seluas 27 X 27 m oleh ulama Thariqat Samaniah yaitu Haji Rahei dan Haji Ratih. Seperti halnya bangunan jaman dulu konstruksi Mesjid ini di dominasi oleh kayu tanpa menggunakan paku. Mesjid ini memiliki 25 tiang dengan ukiran yang unik pada tiap sudut. Pada jaman dulu, tiang utama ditengah (pada ketinggian ± 6 m) digunakan sebagai tempat azan yang dihubungkan oleh jembatan dari sebelah kiri mesjid. Terdapat 3 tabuh di mesjid ini yang memiliki fungsi yang berbeda. Dua tabuh terletak di dalam mesjid yang berfungsi sebagai penanda waktu sholat (tabuh kecil) dan tabuh yang lain sebagai penanda adanya penduduk yang meningggal. Tabuh yang paling besar terletak di luar mesjd yang dibunyikan saat ada bencana seperti kebakaran.
Mesjid ini melambangkan perjuangan rakyat Pulau Tengah dalam menentang penjajahan Belanda. Mesjid yang telah melewati berbagai masa ini sering diziarahi oleh para peziarah dari Malaysia, Singapura bahkan dari negara-negara Arab. Beberapa peziarah tidak segan-segan untuk menginap beberapa hari di rumah penduduk sekedar untuk dapat beribadah di Mesjid ini.

RM Terapung “Bahun Basilo”
Bagi pengunjung yang ingin merasakan hidangan Kerinci sambil menikmati keindahan Danau Kerinci dengan suasana rumah makan yang berbeda dapat mencoba rumah makan Bahun Basilo yang terletak di Desa Pulau Tengah Kecamatan Keliling Danau. Rumah makan ini merupakan rumah makan terapung dengan gaya lesehan.
basilo1
Pengunjung dapat menyantap makanan sambil menikmati suasana santai
Danau Kerinci. di Rumah Makan Bahun Basilo

| Free Bussines? |

4 komentar:

  1. like this ...
    i also have a blog. but there has been no posting there.
    visit my blog ya ... !! :)

    BalasHapus
  2. thanks for reading,,
    i've joined yours

    BalasHapus
  3. Sdikit brtnya mas,, foto pncuran rayo yg prtma trlihat sngat bagus,, spertinya itu di ambil dari atas..
    Apa ada akses/ jalan untuk smpai ke titik itu?

    BalasHapus